playground anak

Tips Memilih Wahana Dan Arena Bermain Anak

Anak mana yang tidak merasa antusias dan gembira ketika diajak bermain di wahana permainan anak. Semua anak akan merasa senang dengan fasilitas bermain yang telah disediakan. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali fasilitas wahana dan arena bermain untuk anak. Seperti taman-taman terbuka yang disediakan pemerintah dan bisa dinikmati secara gratis, maupun arena bermain di dalam pusat perbelanjaan atau indoor activity center yang bisa dinikmati dengan membayar harga tertentu.

Namun sebagai orang tua, Anda harus mengetahui bahwa tidak semua wahana atau arena permainan bisa digunakan untuk anak. Sebelum menggunakan wahana yang ada, maka orang tua dituntut untuk melihat berbagai macam syarat permainan yang berlaku. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor keamanan. Untuk itu berikut adalah tips dalam memilih wahana dan jual arena bermain anak antara lain:

  1. Survei

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan survei dengan memeriksa semua wahana dan jual arena bermain anak. Anda harus jeli dan teliti mengetahui apakah tempat bermain tersebut aman untuk anak, serta fasilitas keamanan yan disediakan beserta kondisi lingkungannya seperti bersih atau tidak, kemungkinan ada kotoran hewan, rumput, pohon besar, tempat sampah, dan lain sebagainya.

  1. Periksa faktor lingkungan

Faktor lingkungan dapat Anda lihat dari berbagai macam peralatan permainan yang disediakan. Apakah alat tersebut aman dan nyaman sehingga tidak ada resiko cedera atau kecelakaan untuk anak. Hal ini sangat penting, mengingat anak akan bermain dengan bebas walaupun diperhatikan oleh orang tua.

  1. Pilih arena bermain yang sesuai dengan usia

Jangan memilih jual arena bermain anak yang tidak sesuai dengan usia anak. Hal tersebut untuk menghindari dan mengurangi adanya resiko untuk cedera pada anak misalnya wahana bermain yang tinggi tidak sesuai dengan usia anak kecil.

  1. Buat anak merasa aman dan nyaman

Dalam arena bermain, Anda sebagai orang tua harus mampu membuat anak merasa aman dan nyaman dengan cara mengajarinya. Anak harus mengajari anak untuk belajar mengenai faktor kenyamanan dan faktor keamanan. Dengan begitu, anak bisa mengetahui dan menyadari hal mana saja yang bisa membuat dirinya nyaman maupun bisa membahayakan dirinya sendiri. Jika merasa tidak nyaman, anak bisa meminta bantuan pengawas atau orang tua untuk membantunya ketika bermain. Apabila anak sudah dapat melakukan cara-cara tersebut, maka anak juga akan merasa aman ketika bermain.

Jadi itulah beberapa tips untuk dijadikan pertimbangan saat memilih wahana dan jual arena bermain anak untuk sang buah hati. Memang terlihat sedikit rumit, namun Anda akan merasakan bahwa semua hal tersebut sangat baik untuk orang tua dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *