spandek atap

Lebih Dekat Dengan Atap Spandek

Di jaman yang maju saat ini, material untuk membangun rumah juga berkembang. Salah satu yang cukup signifikan adalah penggunaan atap metal dibandingkan keramik. Salah satu jenis atap metal yang banyak dipertimbangkan saat ini adalah spandek atap. Lantas, seperti apa atap yang satu ini?

Tentang atap spandek

Spandek atap merupakan atap yang terbuat dari baja sama halnya dengan seng gelombang. Hanya saja, atap yang satu ini memiliki bentuk yang menyudut, walaupun memang bentuknya tidak jauh berbeda dengan atap seng gelombang pada umumnya. Selain itu, atap yang satu ini memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan atap seng gelombang.

Atap spandek sendiri terbuat dari beberapa campuran, yakni alumunium dan seng. Selain itu, ada juga campuran silikon di dalamnya untuk membuatnya semakin lentur dan elastis.

Komposisi yang digunakan dalam campurannya adalah 55% aluminium, 43% seng dan 2% silikon. Dari hasil pencampuran itulah menghasilkan atap yang memang kokoh, mudah dibentuk dan memiliki daya tahan yang baik.

Selain itu, atap yang satu ini juga dibuat sedemikian rupa sehingga akan sangat mudah untuk proses pewarnaannya. Tentunya, atap ini memiliki banyak sekali pilihan warna yang bisa dipilih sesuai agar rumah nampak lebih menarik. Bahkan, bisa dikatakan atap ini pas untuk berbagai kebutuhan bangunan dan manufaktur.

Kelebihan dan kekurangan atap spandek

Walaupun menjadi atap yang paling banyak digunakan, tentunya atap spandek memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Berbicara tentang kelebihannya, atap ini merupakan atap dengan ketahanan yang baik.

Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan. Rata – rata daya tahan yang dimiliki oleh atap inj adalah hingga 20 tahun lamanya. Bukan hanya sebagai atap dengan daya tahan yang baik saja, campuran silikon di dalamnya membuat atap ini tidak mudah pecah. Selain itu, atap ini juga anti rayap dan anti keropos.

Bahkan proses instalasi atap yang satu ini bisa dikatakan sangat mudah. Jadi tidak butuh waktu lama untuk memasangnya. Namun sayangnya, atap dengan material seng akan sangat mudah menyerap panas matahari. Alhasil, di siang hari ruangan yang ditutupinya akan terasa sangat panas dibandingkan jenis genteng keramik.

Memang dilihat dari bahan pembuatannya atap ini adalah konduktor panas yang baik. Maka tidak heran, atap ini cocok untuk rumah yang berada di dataran tinggi. Sedangkan untuk daerah dataran rendah atau pantai, atap ini tidak cocok digunakan.

Selain itu, atap spandek juga bukan peredam suara yang baik sehingga akan sangat bising saat hujan deras. Bukan hanya tipis saja, bobotnya yang ringan menjadikan atap spandek akan sangat bising dan mengganggu.

Itulah sedikit penjelasan tentang spandek atap. Jadi apakah Anda tertarik menggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *