cetak offset

Kelebihan Cetak Offset

Pada kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan cetak offset, sebagai berikut.

Apa itu Cetak Offset

Proses pencetakan secara umumnya dilakukan selain dengan teknik cetak secara sablon atau teknik cetak secara digital adalah dengan teknik cetak secara offset. Adapun teknik cetak offset itu ciri khususnya adalah dalam penggunaan plat atau piringan atau plat atau film pra cetaknya, yang biasanya terbuat dari alumunium sebelum kemudian dicetak pada media akhir cetaknya yang bisa berupa kertas atau plastik dengan aneka warna bisa juga pada kertas atau plastik yang polos ataupun pada plastik atau kertas yang bermotif, juga pada ketebalan yang beraneka ragam mulai dari plastik atau kertas yang sangat tipis hingga plastik atau kertas yang sangat tebal. Adapun kelebihan dari cetak offset adalah sebagai berikut.

Kualitas Hasil Cetak Offset Tahan Lama

Hasil kualitas cetak dengan menggunakan sistem atau teknik secara offset kualitas warnanya dapat bertahan dengan lebih lama atau tidak akan cepat pudar jika dibandingkan dengan cara cetak dengan sistem atau teknik cara cetak yang lainnya, yakni seperti pada sistem atau teknik cetak secara sablon ataupun pada sistem atau teknik cetak secara digital atau digital printing. Jadi meski proses cetak dengan teknik secara offset itu membutuhkan waktu proses yang cukup lama, namun hasilnya sangat memuaskan, kualitas warna hasil cetaknya tidak akan lekas pudar dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih panjang dan cukup lama.

Biaya Cetak Untuk Jumlah Cetak Yang Banyak Bisa Lebih Murah

Harga atau biaya cetak dengan menggunakan teknik secara offset ini jika volume atau jumlah lembar cetaknya lebih banyak maka harga atau biaya cetaknya per lembar akan menjadi lebih murah dari harga atau biaya cetak secara digital printing sekalipun.

Media Cetak Kertasnya Bisa Lebih Lengkap Pilihannya

Dengan menggunakan teknik cetak secara offset maka media cetaknya pada kertas dapat sangat bervariasi dengan pilihan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan melakukan pencetakan dengan teknik cetak secara digital maupun sablon. Dengan menggunakan teknik cetak secara offset ini maka pencetakan dapat dilakukan

Pada berbagai jenis permukaan kertas yang tidak dapat dilakukan jika menggunakan mesin digital untuk mencetaknya, yakni seperti misalnya mencetak dalam pada kertas tebal yang beratnya hingga 400 gram, ataupun untuk mencetak pada bidang bermotif seperti pada Samson, juga pada Embossed atau Engrave Paper, serta juga pada kertas recycle, maupun untuk mencetak pada kertas dengan ukuran hingga 100 x 70 sentimeter, demikian pula untuk mencetak pada permukaan kertas yang sangat tipis seperti yang pada dan dipergunakan pada buku nota atau NCR, atau juga pada kertas HVS, serta dorslag, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai kelebihan cetak offset, yang ternyata memiliki keunggulannya sendiri jika dibandingkan dengan cetak dengan cara atau teknik yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *