mainan anak tk outdoor seruuu

Cara Membuat Mainan TK Outdoor di Rumah

Bagi orang tua yang memiliki anak yang aktif dan suka bermain, mungkin akan merasa boros jika harus terus-menerus mengeluarkan uang untuk membawa anaknya bermain ke taman bermain setiap harinya. Bagi orang tua yang memiliki masalah serupa, mungkin bisa mengatasinya dengan cara membuatkan area taman bermain atau bahkan mainan tk outdoor di rumah.

Kemudian bagaimana cara membuat taman bermain di rumah? Bukankah taman bermain membutuhkan area yang luas? Bagaimana dengan yang kami yang memiliki rumah sempit? Selain itu taman bermain juga memiliki banyak wahana permainan yang pasti memiliki harga yang tak murah untuk membelinya.

Tenang, kita tak perlu memikirkan banyak hal yang hanya membuat pusing. Cukup lakukan 5 trik mudah ini, untuk membuat area bermain khusus anak di rumah.

  1. Tentukan ruangan yang akan digunakan sebagai taman bermain.

Tak perlu menyiapkan ruangan khusus untuk membuat taman bermain. Gunakanlah ruangan yang sudah ada di rumah. Kita bisa menggunakan kamar anak, ruang keluarga maupun taman di belakang rumah. Namun yang harus diperhatikan adalah pilih ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang sehat dan tidak sumpek. Agar anak bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa kegerahan.

  1. Mendekorasi ruangan untuk taman bermain

Pilih warna-warna yang cerah untuk mendekorasi ruangan. Kalau perlu pakailah karpet bongkar pasang sebagai alas serta aksesoris ruangan. Hindari menggunakan benda pecah belah yang dapat melukai anak, sediakan kotak warna-warni untuk menyimpan mainan yang selesai digunakan. Hal ini selain membuat rapi taman bermain juga mengajarkan tanggung jawab dan kedisiplinan pada anak.

  1. Menyiapkan mainan

Siapkan mainan yang banyak dan beragam. Tidak perlu mainan yang mahal tapi yang sesuai dengan minat anak dan tentunya mendidik. Selain itu kita bisa memberikan permainan yang bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan, seperti lego, ular tangga, ayunan dan congklak. Permainan yang disediakan tidak harus selalu permainan yang hanya sesuai jenis kelamin. Sehingga jika ada saudara atau teman yang berkunjung anak-anak bisa bermain bersama di taman bermain yang telah dibuat.

  1. Menyiapkan zona permainan kotor.

Untuk mengeksplorasi kemampuan dan bakat serta minat yang dimiliki anak, tentu tak selamanya hanya permainan bersih yang dapat dimainkan anak. Berikan satu dinding yang telah dilapisi karton untuk arena anak menggambar atau isi boks atau kolam plastik dengan pasir untuk anak bermain pasir. Tapi jangan lupa selalu awasi anak setiap bermain.

  1. Menyediakan area mainan tk outdoor di teras atau di belakang rumah.

Anak-anak selalu suka bermain di luar. Jika taman bermain disediakan di dalam rumah. Berikanlah beberapa permainan di luar rumah, seperti trampolin atau ayunan yang berada di luar rumah.

Bagaimana? Tidak susah dan tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk permainan yang mahal kan? Lalu tertarik membuat taman bermain sendiri di rumah? Jika iya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *