alat tes masa subur wanita

Apa itu Tes Masa Subur

Tubuh wanita memiliki masa subur yang disebut juga sebagai masa ovulasi, yakni suatu periode masa yang besar peluang potensi kemungkinannya untuk bisa menjadi hamil jika melakukan hubungan suami istri. Guna mengetahui waktu tepat masa subur atau masa ovulasi tersebut maka bisa menggunakan beberapa metode dan alat tes masa subur wanita.

Masa Subur atau Masa Ovulasi

Tubuh wanita mengalami masa subur atau masa ovulasi, yakni suatu masa ketika sel telur telah matang dan lalu terlepas dari ovarium dan menuju ke rahim, itulah yang disebut sebagai masa subur wanita atau masa ovulasi. Pada masa ovulasi atau masa subur inilah besar kemungkinan sel telur di tubuh wanita, atau sang istri, yang bertemu dengan sperma kaum lelaki, atau sang suami, akan lebih tinggi peluangnya untuk bisa terbentuk menjadi embrio dan lalu terjadi kehamilan.

Cara Mengetahui Masa Subur

Kehamilan bisa dimaksimalkan peluang terjadinya jika hubungan seks dilakukan tepat pada saat tubuh wanita sedang dalam masa subur atau masa ovulasi. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kapan masa ovulasi atau masa subur tersebut terjadi? Secara manual maka hal tersebut bisa diketahui dengan sistem perhitungan kalender yakni terhitung pada hari ke 13 dan hari ke 14 sesudah masa haid selesai. Meski cara ini agak kurang akurat. Jika ingin lebih tepat dan akurat maka bisa dilakukan tes masa subur dengan menggunakan suatu alat tes kesuburan. Bisa membeli suatu alat yang namanya test pack. Tapi jangan sampai salah beli karena di pasaran terdapat dua jenis test pack, yakni test pack untuk mengetahui masa subur dan suatu test pack yang gunanya untuk mengetahui kehamilan. Alat tes masa subur wanita tersebut dapat dibeli di apotik terdekat, dan tersedia dalam berbagai merk dan variasi harga. Pilih menggunakan test pack kesuburan. Perhatikan dan baca aturan pakainya sesuai yang tertera di kemasan. Perhatikan juga masa kadaluarsanya. Pergunakan alat tes masa subur wanita tersebut mulai sejak hari kesepuluh setelah waktu menstruasi terakhir selesai, lebih baik dilakukan di sore atau malam hari. 

Jika hasil tes masa kesuburan tersebut masih negatif maka bisa diulangi pada hari-hari berikutnya sampai hasilnya positif. Kemudian bisa melakukan hubungan suami istri selama hingga sekitar 7 hari berturut-turut sesudahnya, guna memaksimalkan peluang terjadinya kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *