Yoga dan awal kepopulerannya

Mempertahankan tubuh yang sehat dan juga bugar merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap jiwa. Baik kesehatan secara fisik dan juga kesehatan secara mental. Untuk memperoleh kesehatan badan dan juga jiwa, ada rangkaian hal yang harus anda terapkan yang dinamakan dengan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat ini adalah melakukan olahraga secara rutin.
Banyak sekali cabang olahraga yang dapat memberikan anda manfaat kesehatan, salah satunya adalah latihan yoga yang dapat dilakukan dengan mengikuti kelas yoga online.

Ya, yoga. Bagi anda yang akan mengikuti kelas yoga online, tidak ada salahnya untuk sedikit meniti perjalanan yoga sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan. Cabang olahraga satu ini berasal dari bahasa sansekerta, dimana yoga memiliki arti “penyatuan”. Maksudnya “penyatuan dengan alam” maupun “penyatuan dengan Sang Pencipta”.

Yoga sendiri merupakan salah satu dari enam ajaran yang terdapat pada filsafat hindu. Dimana hal ini menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau biasa yang disebut dengan tapa, dimana seseorang memusatkan seluruh pikirannya dengan tujuan untuk mengontrol panca indra secara keseluruhan. Masyarakat awam mengenal  yoga ini sebagai aktivitas latihan utamanya pada bagian postur dan juga sebagai pengobatan alternatif. Biasanya dalam latihan dilakukan dengan teknik pernafasan, olah tubuh atau gerakan, dan juga meditasi.

Sejarah awal olahraga yoga  

Cabang olahraga ini berasal dari India yang dibangun oleh Maharsi Panjali. Ajaran yoga diperkirakan telah ada sejak 500 sebelum Masehi. Ajaran ini sangat populer di kalangan umat Hindu, dimana ajran ini merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran veda. Maharsi panjali sendiri mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yang bermakna penghentian gerak pikiran. Sebuah sasta yang ditulis oleh Maharsi yaitu Yogasutra, berisi 4 bagian. Pertama Samadhipada, kedua Sadhanapada, ketiga, Vibhutipada, dan keempat  Kalivalyapada.

Sebelum menjadi populer seperti saat ini, dimana yoga memiliki berbagai macam jenis dari 7 hingga 10 an jenis yang dapat diajarkan pada kelas yoga online. Pada awal perkembangannya, yoga dibagi dalam empat kategori-kategori besar. Pertama terdapat Yoga Veda, yang menurut bahasa sansekerta bermakna “pengetahuan”. Kedua Yoga Preklasikal, dimana kategori ini mencakup jangka waktu luas berkisar 2 tahun sampai abad kedua sebelum  masehi. Ketiga Yoga Klasik, rajanya yoga seperti yang diajarkan dalam buku Yogasutra. Dan yang keempat Yoga Pas Klasikal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *