3 Hal Yang Wajib Kamu Pertimbangan Sebelum Mendaftar Les A-Level

3 Hal Yang Wajib Kamu Pertimbangan Sebelum Mendaftar Les A-Level

General certificate of Education Advanced Level (GSE Advanced level) atau yang lebih dikenal dengan istilah A-level adalah serangkaian ujian tahap awal untuk mempersiapkan kamu memasuki lingkungan universitas. A-level sendiri dipelopori oleh educational bodies in the United Kingdom dan beberapa Negara maju di USA dan di asia sendiri pelopornya adalah Singapura.

Sebelum kamu memilih subjek yang akan kamu ikuti di les A-Level, berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan :

Beberapa Jurusan Di Universitas Menginginkan A-Level Yang Lebih Spesifik

Di beberapa universitas besar di dunia ini beberapa jurusan di bawah ini tidak akan menerima kamu tanpa sertifikat A-level seperti Pharmacy, English, Geology/Earth Science, dan Economics. Beberapa jurusan ini mengharuskan pendaftarnya sudah harus memiliki kemampuan dasar di bidangnya. 

Nah sebelum mengikuti tes di A-level untuk beberapa jurusan diatas kamu wajib nih untuk mengikuti les A-level terlebih dahulu. Les ini dimaksudkan agar kamu mendapatkan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke jurusan yang kamu impikan itu.

Sertifikat A-Level Membuka Peluang Lebih Besar Dalam Memilih Jurusan

Dalam mengikuti les A-level kamu disarankan untuk memilih beberapa mata pelajaran sekaligus. Semakin banyak yang kamu pilih, semakin besar pula pilihan jurusan yang bisa kamu pilih ketika akan mendaftar untuk masuk universitas.

Selain itu, beberapa mata pelajaran juga akan membantu kamu dalam menyesuaikan pembelajaran di awal ketika kamu berhasil menjadi maba (mahasiswa baru) di kampus impian kamu.

Beberapa Jurusan Tidak Membutuhkan Sertifikat A-Level

Sebelum memutuskan untuk mengikuti les A-level kamu sudah harus benar – benar mempertimbangkan di universitas mana dan jurusan yang akan kamu ambil. Karena tidak semua jurusan membutuhkan sertifikat A-level ini. Jangan sampai kamu sudah menghabiskan biaya banyak buat kursus, ujung – ujungnya nggak dipakai juga.

Salah satu jurusan yang tidak membutuhkan sertifikat A-level adalah Architecture course at the university of bath. Jadi sebelum memutuskan untuk ikut les A- level atau tidak. Baiknya cek dulu ya, apakah jurusan yang akan kamu pilih membutuhkan sertifikat A-level.

Nah jika kamu ingin mengenyam pendidikan di universitas besar impian kamu, itu dia 3 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mendaftar ke les A-level, ternyata nggak semua loh jurusan di luar sana membutuhkan sertifikat A-level. Tapi apapun itu A-level tetap saja akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk proses belajar kamu di kemudian hari.

Sekian dulu yah, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *